Jurus melamar calon baru

21 May 2010

“Apaan sih koq pada ngomongin power lah atau torsi lah. Anekhan awam gituan yang penting tuh motor modelnya ciamik soro dan fiturkomplit.” keluh si Ableh ketika disodori brosur motor ama mbak-mbak SPG nan bahenol.

Pengalaman seperti si Ableh ini tidak sedikit kita alamiketika menghadiri pameran akbar produk otomotif. Ableh sebagai salah seorangkonsumen yang ingin meminang motor baru buat penghuni garasi rumah tipe 180 dibilangan Surabaya Barat. Matanya berbinar bak si EH yang lagi memandangi mbak2 SPG hehe, disini doi bisa membandingkan langsung produk sekelas antar ATPM. Dus,gak perlu capek-capek klonengan dari satu dealer ke dealer lain. Acap kali doi menerima sodoran brosur dan penjelasan yang hiperbola. Tentunya ditambahi bumbu-bumbu DP ringan lah atau beli saya bonus motor…lho koq yang benar beli motor bonus saya. Nah lho tambah runyam wkwkwk…

Mari kita bantu si Ableh biar tidak terperosok ke dalam jurangnya mbak SPG hehe. Terlepas dari brand, fitur, price serta value added yg bla..bla. Telisik lebih lanjut, didalam brosur utamanya bagian spesifikasi.Disitu kita bisa mendapatkan gambaran sederhana secara keseluruhan dari wujudmotor pinangan. Mulai dari dimensi, teknologi, besaran tangki bbm, bobot,kekuatan mesin dlm satuan DK / PS dan kekuatan torsi / momen puntir dlm satuanN.m. Kebutuhan berkendara kita bisa kita rangkum disini. Umpamanya yangtingginya pas-pasan macam pelawak Ginanjar pastinya butuh minimum ground clearance / jarak terendah tuh motor dari tanah yang tidak terlalu menjulang biar tuhkaki bisa menapak sempurna dikala berhenti di lampu merah. Asal bukan kawasan”lampu merah” aja wkwkwk itu mah tempat nongkrong si Devan atuh….

Bagi kawasan rumahnya banyak dilindungi polisi bobok..kapan bangunnya yax hehe. Mesti cari jarak minimal lebih besar dari 120-140 mm. Trusada lagi yang namanya wheelbase yang bukan nama beken wewegombel atau blibis …jiah mekso. Merupakan jarak sumbu roda depan dan belakang. Tau sumbu khan?? Itu lho yg diracik dari ketumbar, jinten, bawangputih dan bla-bla..Wakks itu mah bumbu. Semakin pendek sumbu roda, semakin bikin lincah tuh motor untuk kondisi macet dan perkampungan yang padat. Cocok untuk kota-kota besar seperti Jupiter z dan Vega. Semakin panjang sumbu roda maka semakin stabil motor untuk perjalanan luar kota seperti Scorpio.

Lanjut maning, dry weight / curb weight boso jowone berat kosong serta berat isi motor (Termasuk bensin setangki penuh dan oli). Kalo yang pake nih motor nona-nona manis seperti Leovanni harus pilih yang ringan antara 90-100 kg berat kosong tuh motor seperti Mio Sporty.Ntar kalo terlalu berat bisa2 dempal tuh lengan kyk Popeye gara2 sering angkat motor di standar tengah…stsst kayaknya si Leo mantan jukir deh xixi…kabooorah.

Fyuh..sekarang merambah Max Power and Max Torque. Disamping berpatokan besaran angkanya. Semakin gede semakin Maknyuss…jadi inget Pak Eric yg demen “Gede-gede” xixi. Hal yg perlu diperhatikan adalah dikisaran RPM berapa tenaga puncak dan momen puntir puncak diraih. Buat kepadatan kota tentunya semakin rendah putaran mesin dimana torsi dan tenaga itu diraih maka semakin gegas motor berkelit dikemacetan. Grip gas pun tidak perlu dibetot liar,ujung2nya bensin jadi irit. Cukup buka gas dikit motor pun melesat meninggalkancompetitor halah..halah. Untuk yang sering luar kota dan demen kecepatan tinggimesti pilih kebalikannya.

That’s it, poin penting buat calon pembeli motor baru biar tidak terjerumus di lubang yang sama seperti Om Onthel wkwkwkwk.

Penulis : Pandora aka wiwied

Sumber :

Yamaha-Friends

17 Responses to “Jurus melamar calon baru”

    • mariodevan Says:

      bos barangnya sudah tiba ditempat pengecatan dengan selamat……
      tinggal tunggu proses pengecatannya🙂

  1. eltr/kentung Says:

    bisikan mbak spg lebih ampuh daripada lihat brosur….xixixi

  2. eltr/kentung Says:

    @devan
    ok…
    gak perlu buru2 santai aja…hehehe

  3. Onthel Says:

    waah, itu si embie di gambar pertama paling2 deh, pdhl saia juga mau nyeruduk, eeh keduluan sama doi & admin jg

  4. Bonsai Biker Says:

    iki jane kentrung karo MD iki janjion opo tah

  5. Bonsai Biker Says:

    alah WSP dikemanain

  6. Bonsai Biker Says:

    ndlogokkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  7. Bonsai Biker Says:

    halah itu motor gambar paling bawah biolang ajah malu lehernya ketahuan warna kuning makanyadikasih jilbab

  8. Maskur Says:

    saya cari motor bebek yang:
    -volumenya 135 cc
    -model keren
    -kuncinya sudah pake secure shutter key
    -ada bagasinya

    Ada nggak mbak?

  9. Semprul,dab! Says:

    Mbak e sing ngisor kui demo opo to?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: