Service vixi (part 2)

21 May 2010

lanjutan dari pos yang sebelumnya nie Friends (link)

Tahap keenam, kita berpindah ke sistem pengabutan. Cek kondisi dalam throttle body. Gunakan semprotan injector cleaner. Semprotkan hingga kotoran dan sisa gum / karbon luruh. Lakukan secara menyeluruh hingga bagian intake manifold. Hati-hati !! Pilih produk cleaner yang benar-benar aman untuk O2 sensor dan catalyc converter. Baca bahan penyusunnya dengan seksama.Agar air flow agak lancar bisa menggunakan autosol untuk menghaluskan saluranthrottle body hingga manifold. Begitu ditorehkan langsung lap berulang kali dengan lap yang benar-benar bersih. Jangan menggunakan amplas takutnya malah mengikis terutama bagian butterfly yang bisa bikin bocor kevakuman. Awas !Bagian sensor yang menonjol dan injector. Jangan sampai terkena. Semprot lagi dengan cleaner untuk memastikan kotoran sisa terangkat sempurna.

Langkah ketujuh, potong ujung kabel busi beberapa cm.Kondisi kabel setelah dipotong masih cukup menjangkau kepala busi. Tujuannya memperpendek hambatan arus dari koil diharapkan api yang ditimbulkan lebihgede. Bisa memperirit konsumsi bbm. Gunakan busi NGK Platinum / Denso Iridiumbiar sempurna pengapian.

Langkah kedelapan, pindahkan ujung selang pernapasan mesin yang masuk ke airbox sebelah kiri bawah menuju keatas. Cari tempat yang aman percikan air. Ikat dengan cable tie biar stabil. Nah untuk lubang diair box tadi tutup dengan selang sejenis besarnya. Arahkan ke belakang, dibawah jok dekatdengan aki. Ujung selang satunya tancapkan dengan filter oli bekas vixion tadiyang sudah dicuci bersih dengan solar / bensin. Rapatkan dengan lem paking agar tidak ada rongga yang tercipta. Tujuan sesi ini adalah menurunkan temperatur udara yang masuk ke throttle body. Dus akan berpengaruh di sensor IAT (IntakeAir Temperatur) sehingga si IAT ini akan mengirimkan sinyal ke ECU untuk menyemprotkan kabut bahan bakar lebih banyak lagi. Dan menambah volume udara.

Langkah kesembilan, bro semua yang sudah pakai pelek dan tapak lebar. B’rasa tarikan si vixi berat bisa memperbesar perbandingan gigi akhir dengan menggunakan gir belakang Scorpio, 44 mata kalo Vixion 42.

Langkah sepuluh, rakit ulang seperti posisi kebalikan.Jangan lupa isikan YamaCoolant ditabung cadangan dan radiator. Cek soket-soket kelistrikan sensor, baut-baut dan klem apakah sudah terpasang dengan sempurna.Putar kunci kontak. Lihat pre diagnostic di panel speedometer. Kalo lampu indikasi setelah nyala, selang beberapa detik mati. Berarti tidak ada masalah dengan injeksi. Hidupkan. Biarkan langsam beberapa menit. Tunggu hingga automatic choke kembali menurunkan rpm. Matikan mesin. Buka tutup radiator,tambahkan hingga batas atas. Tutup lagi. Setel CO dengan F1DT. Cari posisi yang pas dengan respon gas yang mantap. Atur ulang idle speed . Pasang semua komponen yang masih terurai. Nah sudah beres tuh. Tinggal tes jalan aja.

(Disclaimer : Rubahan diatas khusus speed freak dan pribadi yang sudah paham seluk beluk mesin lebih lanjut. Pemakaian komponen dan perlakuan tertentu mungkin tidak sesuai dengan anjuran dari buku pemilikan kendaraan dan terkadang bisa menggugurkan garansi bila timbul trouble dikemudian hari.)

Penulis : pandora

Sumber :

Yamaha-Friends

5 Responses to “Service vixi (part 2)”

  1. mariodevan Says:

    pertamax

  2. Bonsai Biker Says:

    kok gak dibahas ngatasi leher honda vixie ini biar gak kuning gitu

    • mariodevan Says:

      kuning hanyalah warna bukan suatu masalah, bukan keropos atau apa, atau mungkin suara bletak yg mengganggu hihihihi


  3. Ooo begitu yah sepis motor injeksi (part 2)
    wah kapan ya bisa servis kayak gitu?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: