Mak..aku minta di kawinin dong

25 May 2010

“Kawin..kawin minggudepan aku kawin,” reff yg familiar terngiang dibenak kita. Sebuah grup vocal parody dari Bandung. Siapayah?? Yak tepatnya PROJECT POP. Irama pop dan easy listening membuat kita enjoy kadang tertawa kecil bila ada liriknya yang menggelitik syaraf tawa kita xixixi…

Fyuh..lagu parody ternyata malah bikin hati para bujang mania jadi blingsatan tidak karuan. Ibarat sembilu tajam mengiris nan pilu. Dalam hati mereka sebenarnya menangis namun banyak cara yang diupayakan untuk mengabaikan pertanyaan dari kanan & kiri, mama & papa, teman &sahabat;serta tetangga & sanak keluarga. Ada yang menjawab dengan santai,”Maybeyes maybe no,” ada juga yang menjawab,” Masih jadi staf nih ntar aja kalo sudah jadi supervisor,” ada pula yang menjawab,”Abisnya gak ada pangeran berkuda putih yang datang dengan gentlenya melamar aku sambil membawa bouquet bunga.” (Biasanya cewek-cewek yg terlalu banyak baca novel romance seperti Nick Carter…Opo iki wkwk).

Sah-sah saja kita menunda datangnya jenjang pernikahan, toh sekarang jaman merdeka dan bebas bukan jamannya Siti Nurbaya lagi. Pria dan wanita mempunyai kesempatan yang sama dalam mengejar karier mereka yang cemerlang. Kesibukan pagi dan malam belum lagi keceriaan yang didapat bersama teman akrab ditempat-tempat hangout yang keren bikin semua itu bak fatamorgana di siang hari nan terik.”Apaan sih koq suka ngurusin orang lain, urus sendiri napa dirimu.” Weits..nada sengit yg sering terlontar bilamana kita mengingatkan orang lain. Repot juga yah hehe..Beragam keuntungan yang kita dapat dari segi menyegerakan sebuah pernikahan, mulai dari kacamata agama, kacamata kesehatan, kacamata kepribadian dan kacamata-kacamata lainnya. Asal jangan kacamata kuda aja…ihhheekk..herrr..wkwkwk. Disini saya akan membatasi dalam sudut pandang perencanaan keuangan keluarga saja. Tidak akan membahas yang lebih luas lagi.

Well, saya akan memberikan gambaran sederhana saja. sebut saja Bunga (bukan nama sebenarnya) berumur 26 thn sementara Enzo 25 thn. Berawal dari hubungan antar junior dan senior sesama jurusan di PTS terkenal dibilangan Surabaya Selatan berlanjut kehubungan percintaan yang bukan “terlarang” tentunya wkwk. Kini masing-masing sudah memiliki pekerjaan dengan penghasilan yang lumayan buat makan siang ala buffet di Waroeng Iboe tiap hari jiakakak.Yah umpamanya si bunga digaji kisaran 2 juta sementara si Enzo kisaran 1,5juta. Mereka berangan-angan menikah ketika si Bunga menginjak umur 30 thn.Masing-masing mempunyai hobi yang menghabiskan 50% dari total THP. Si Bunga hobi hangout dan wisata kuliner sementara si sinyo hobi sepakbola dan modding motor. Pengeluaran pokok keseharian buat ongkos antar jemput dan beli pertamaxplus serta makan siang memakan 30% dari total THP. Sisa 20% buat saving.

Yuk, berhitung.
1. Menikah umur 30 thn. Perkiraan melahirkan anak pada umur 31 thn. Estimasi anak pertama menginjak bangku kuliah ketika si nonik berumur 48 thn. Ada jeda 7 thn sebelum masa produktif berakhir.

2. Umur sekarang 26 thn, impian nikah di usia 30 thn. Saving Rp 400.000/bln (Semogamasih utuh segitu..xixi) x 12 blnx 2% (bunga tabungan) x 4 thn(Gaji dianggap flat kalau pun ada kenaikan, nilai riilnya pun tetap karena dikurangi inflasi). Total Rp 20.179.392,77

3. Menikah umur 29 thn. Perkiraan melahirkan anak pada umur 30 thn (Iku yen cespleng..wkwk).Estimasi anak pertama menginjak bangku kuliah ketika si Enzo berumur 47thn. Ada jeda 8 thn sebelum masa produktif berakhir.

4. Umur sekarang 25 thn, impian nikah di usia 29thn. Saving Rp 300.000/bln (Semoga masih utuh segitu..xixi) x 12 bln x 2% (bunga tabungan) x 4 thn (Gaji dianggap flat kalau pun ada kenaikan, nilai riilnya pun tetapkarena dikurangi inflasi). Total Rp 15.134.544,58

5. Total gaji Bunga + gaji Enzo adalah Rp35.313.937,35

6. Pesta pernikahan model table dan tetek bengek yg lain perkiraan all in sekarang ini sebesar Rp 25.000.000. Kalau ada kenaikan harga rata-rata 15% / thn.Berapa harga utk 4 tahun kedepan? Rp 57.032.812,5.Busyet defisit berapa tuh? Rp21.718.875,15. Bisa sih minta sumbangan keluarga tapi apa gak malu tuh masih merepotkan terus sampai urusan pernikahan aja gak bisa mandiri..bleuh. But, jgn berkecil hati melihat biaya yg menakjubkan terus malah takut nikah.

7. Nah dikalkulasi after party, syukur2 angpao yang diterima banyak. Masih ada sisa umpamanya sekitar Rp 3.000.000

8. Uang tersebut didepositokan buat jaga2 biaya melahirkan. Rp 3.000.000 x 5.6% (Bungadeposito 12 bln setelah dipotong pph 20%) jadi Rp 3.168.000 atau mau dibelikan emas aja deh berharap ada kenaikan sekitar 20% / thn. Harga logam mulia Rp370.000 / gr. Misalnya uang 3 juta tersebut ditambahi 700 rb jadi dapat 10gr. 1 thn kemudian bila dijual, uang yg diterima sebesar Rp 3.700.000 x 20% dapat Rp4.440.000. Investasi emas dalam jangka panjang lebih menjanjikan dibandingkan tabungan bahkan deposito tenor 12 bln.

9. Melahirkan di RKZ aja sekarang ini kelas 3 sudah sebesar Rp 4.500.000 kondisi persalinan normal. Kalau operasi Caesar bisa bengkakRp 5.000.000 lagi. Kenaikan tiap tahun minimal Rp 500.000.

10. Urusan melahirkan beres, fyuh..sedikit bernapas lega. Eits.. belum selesai, masih harus siap2 pengeluaran buat akte kelahiran lah, perangkat dan peralatan bayilah, baju dan popok bayi lah, selametan ManYek lah (CMIIW..Sorry betul gak penulisannya). Walah tambah ruwet ae….

11. Mumpung masih umur 0-1 thn segera persiapkan biaya pendidikan anak sedini mungkin.Boleh lewat tabungan pendidikan (Tingkat pertumbuhan tidak jauh dr deposito tenor 12 bln), Asuransi pendidikan (Dari pengamatan saya dan kalkulasi hasil akhir dibanding inflasi min. 400rb / bln utk optimalnya), reksadana, saham,property, emas, unitlink, komoditi dsb.

12. Hanya mengingatkan saja kenaikan biaya sekolah rata2 minimal 20% / thn. Misalnya biaya kuliah di ITS / UNAIR untuk 4 tahun saat ini sebesar Rp 8.000.000. Berapa biaya untuk 17 thn kemudian? Rp 177.488.888.54. Edan tenan..ini belum kalo pilih kuliah di PETRA, UBAYA or UWM. Belum juga biaya PG, SD, SMP dan SMU.

Penulis : Pandora a.k.a Wiwied

Untuk Selengkapnya baca di

www.yamaha-friends.com

11 Responses to “Mak..aku minta di kawinin dong”

  1. Sales Honda Says:

    rugi baca nggak ada sangkutnya ama motor


  2. kok ada sales honda yah, wah aku daftar jadi sales yamaha aja ah dadi anak buahe MD siapa tahu dapet wwarisan salah satu gembluke

  3. R◎nDugL Says:

    haha..aku daptar sales bonse ae..lumayan casnya(charge hp maksute)..

  4. Maskur Says:

    rumit dan ruwet. Kakehan etung. Malah meden-medeni sing meh nikah.
    Persiapan penting, tapi biarlah mengalir seperti air

  5. kentung Says:

    walah……….arep kawin we ndadak itung itungane ruwet…………marai rasido kawen…..ujung ujungnya banyak memelihara nafsu setan…[bagi yg tak kuat iman]
    kadang org takut nikah karna dgn alasan belum punya kerjaan dll…tapi menurut saya pribadi takbegitu rejeki bisa dtang lewat [.lantaran] istri atau anak kita…makanya banyak org yg hidupnya lebih baik setelah menikah dibandingkan waktu masih sendiri…..

  6. A Seen Says:

    hah sing nde warung ra muncul 2
    sedang jual diri apa yah

  7. martini Says:

    fiuuhhhh….sayangnya..kehidupan rumah tangga bukan matematika…si anak juga membawa rejekinya sendiri……..godaan tidak selingkuh lebih berat dari pada sekedar seberapa biaya yang harus ditanggung………….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: